Selasa, 18 Oktober 2011

Fakultas Ilmu Komunikasi

S1 Periklanan - Terakreditasi

Pendidikan periklanan membekali pengetahuan tentang strategi kreatif periklanan, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, disain komunikasi visual periklanan, komputer disain grafis dan animasi periklanan, teknik kamera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya diolah menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain - lain.

Pilihan Bidang Peminatan
- Creative Management
- Account & Media Management

Kurikulum / Mata Kuliah

Account Executive Management
Aplikasi Dasar Komputer
Bahasa Indonesia Jurnalistik
Bisnis dan Manajemen
Business English
Copywriting, Visualisasi dan Produksi Iklan Televisi
Copywriting,Visualisasi dan Produksi Iklan cetak
Copywrting, audio dan produksi iklan radio
Dasar-dasar Logika
Etika dan Filsafat Komunikasi
Fotografi dan Teknik Kamar Gelap
Fotografi Disain
Hubungan Masyarakat
Jurnalistik 1
Kewirausahaan
Komputer disain grafis dan animasi periklanan
Komputer Grafis Periklanan
Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Lintas Budaya
Komunikasi Massa
Komunikasi Multimedia
Komunikasi Organisasi
Komunikasi Pemasaran Terpadu
Komunikasi Visual Periklanan
Kuliah Kerja Praktek
Manajemen Periklanan
Marketing Public Relations 1
Media Periklanan
Metoda Penelitian Komunikasi
Metoda Penelitian Sosial
Motivasi Usaha
On Line Advertising
Pemasaran
Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Pengantar Ilmu Komunikasi
Pengantar Statistik Sosial
Pengembangan Kepribadian
Penyusunan dan Penyajian Proposal Perklanan
Periklanan 1 & 2
Perilaku Konsumen
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Planning dan Buying Media
Psikologi Komunikasi
Riset Periklanan
Seminar dan Teknik Penulisan Ilmiah
Sosiologi Komunikasi
Strategi Kreatif
Teknik Promosi dan Pemasaran
Teori Komunikasi 1 & 2
TOEFL 1 & 2
Tugas Akhir/Skripsi/Final Project




Hubungan masyarakat (public relation) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Public relation (humas) bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

PR adalah ahli komunikasi yang dapat membawa perusahaan/industri/organisasi/tokoh menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan. Secara Internal perusahaan menjadi pusat informasi perusahaan/industri/organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman. Sedangkan secara eksternal menjadi manager komunikasi dari pimpinan/perusahaan dalam menghadapi pers dan masyarakat. Seorang PR diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Kompetensi Lulusan :

Menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management
Menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia

Kurikulum / Mata Kuliah


Bahasa Indonesia Jurnalistik
Bisnis dan Manajemen
Business English
Customer Relation Management
Dasar-dasar Logika
Fotografi dan Teknik Kamar Gelap
Hubungan Masyarakat
Hubungan Media
Jurnalistik 1
Kewirausahaan
Komputer Grafis Kehumasan
Komunikasi Pemasaran Terpadu
Krisis dan Strategi Humas
Kuliah Kerja Praktek
Lobby dan Negosiasi
Manajemen Humas
Marketing Public Relations 1 & 2
MC dan Protokoler
Media Kehumasan
Metoda Penelitian Komunikasi
Motivasi Usaha
Motivasi Usaha
On Line Public Relation
Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Pengantar Ilmu Komunikasi
Pengantar Statistik Sosial
Pengembangan Kepribadian
Penulisan Berita & Feature
Penyusunan dan Penyajian Proposal Humas
Periklanan 1
Perilaku Konsumen
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Psikologi Komunikasi
Public Relation Writing 1 & 2
Riset Humas
Seminar dan Teknik Penulisan Ilmiah
Sosiologi Komunikasi
Strategi Kreatif
Teknik Kegiatan PR & Event Organiser
Teori Komunikasi 1
Toefl 1 & 2
Tugas Akhir/Skripsi/Final Project


S1 Jurnalistik - Terakreditasi

Jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan dipublikasikan di media massa. Dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas). Seorang jurnalis memiliki dua fungsi utama. Pertama, fungsi jurnalis adalah melaporkan berita. Kedua, membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita.

Pilihan Peminatan
- Radio & TV Journalism
- Print Media Journalism

Program Studi Jurnalistik Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yaitu :
- Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang jurnalistik yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.
- Menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah jurnalistik.
- Melakukan pengumpulan bahan berita, mengolah, dan menyajikannya di media broadcasting.
- Menganalisis pemberitaan di media massa dan memberikan alternatif solusinya.
- Memimpin tim kerja redaksi media massa cetak dan elektronik.
- Memimpin lembaga media massa baik media penyiaran dan media cetak.





Penyiaran (broadcasting) memiliki kontribusi yang sangat besar dalam upaya pengkomunikasian suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk siaran. Penyiaran baik lokal, nasional, maupun internasional berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial dan juga menjalankan fungsi ekonomi dan seni dan budaya.

Program Studi Periklanan Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yaitu :

Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang kepenyiaran yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.
Memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi
Menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah kepenyiaran
Mampu mengolah bahan berita, dan menyajikannya di media massa cetak dan elektronik.

Kurikulum / Mata Kuliah

Aplikasi Dasar Komputer
Bahasa Indonesia Jurnalistik
Bisnis dan Manajemen
Business English
Dasar-dasar Logika
Estetika & Artistik Produksi Acara TV
Etika dan Filsafat Komunikasi
Fotografi dan Teknik Kamar Gelap
Globalisasi Industri Media
Hubungan Masyarakat
Hukum Pers & Etika Penyiaran
Jurnalistik 1
Jurnalistik TV
Kepenyiaran dan Pembawa Acara
Kewirausahaa
Komputer Grafis Televisi
Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Lintas Budaya
Komunikasi Massa
Komunikasi Multimedia
Komunikasi Organisasi
Komunikasi Pemasaran Terpadu
Kuliah Kerja Praktek
Laporan Investigasi
Manajemen Produksi Televisi
Media & Sistem Studio Televisi
Metoda Penelitian Komunikasi
Metoda Penelitian Sosial
Motivasi Usaha
On Line Jurnalism
Pasca Produksi Televisi
Pemasaran
Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Pengantar Ilmu Komunikasi
Pengantar Statistik Sosial
Penulisan Naskah Televisi
Periklanan 1
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Produksi Acara TV (Kategori Berita)
Produksi Acara TV Kategori Fiksi
Produksi Acara TV Kategori Non Fiksi
Produksi Acara TV Komersial
Psikologi Komunikasi
Riset Media
Seminar dan Teknik Penulisan Ilmiah
Sosiologi Komunikasi
Tata Fotografi Elektronik
Teknik Kamera Elektronik
Teknik Reportase dan wawancara
Teori Komunikasi 1 & 2
TOEFL 1 & 2
Tugas Akhir/Skripsi/Final Project