Selasa, 18 Oktober 2011

Fakultas Ilmu Komputer



Teknik Informatika merupakan program studi yang memfokuskan mahasiswa dalam bidang teknologi komputer dan aplikasinya. Bidang Teknik Informatika pada saat ini dan mendatang sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.


Program Studi Teknik Informatika Universitas Esa Unggul (UEU) menyiapkan para mahasiswa dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang akan membuat mereka siap memasuki dunia kerja. Teknik Informatika UEU memiliki sarana laboratorium komputer yang dirancang dan didesain berbasis jaringan internet, sehingga memudahkan para mahasiswa mengakses informasi mutakhir tentang teknologi komputer dan informasi melalui media internet. Bekal materi-materi perkuliahan yang mencakup aspek-aspek teori dan praktek, serta didukung laboratorium yang memadai, pembuatan tugas-tugas proyek, kerja praktek di suatu perusahaan, instansi atau dunia industri lainnya, serta berbagai tugas-tugas dari para dosen, diharapkan dapat memberikan bekal bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.


Lulusan Teknik Informatika Universitas Esa Unggul memiliki Sertifikasi Internasional dari Cisco Network Academic Program, Sun Microsystems International Java Programming & Unix, dan SAP Edugate (Fundamental, Financial, Order Fulfillment, Manufacturing, Human Resources, Advanced Business Application Progamming).


Pilihan Bidang Peminatan

- Artificial Intelligent
- Computer Networking
- Data Base System
- Game & Embedded System Program
- Software Engineer.

Kurikulum dan Pilihan Bidang Peminatan:

Program Studi Teknik Informatika menawarkan 5 bidang peminatan :
1. Artificial Intellegence
Aplikasi Intelegensi Buatan, Fuzzy Logic, Neural Network, dan Sistem Pakar. 

2. Computer Networking

Computer Security, Jaringan Komputer Lanjut, Terapan Jaringan, Wireless Mobile Computing and Satelite.

3. Data Base System
Sistem Basis Data Lanjut, Sistem Penunjang Keputusan, Datamining/Data Warehouse, Executive Information System.

4. Game & Embedded System Program
++ Programming For Game Developer 1 & 2, Embeded System Programming, Video Game Consule Design.

5. Software Engineer

Software Quality Assurance, Software Requirement/Specification, Software Process, Information Economics.


Kurikulum / Mata Kuliah
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKP)
- Bahasa Indonesia
- Business English
- Kewirausahaan
- Motivasi Usaha
- Pendidikan Agama
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Toefl 1 & 2


Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
- Aljabar Linear & Matrix
- Analisis & Peranc. Sistem
- Fisika
- Kalkulus Dasar
- Kalkulus Lanjut
-Kapita Selekta Informatika
- Kerja Praktek
- Logika Matematika
- Matematika Diskrit
- Metode Penelitian
- Metode Perancangan Program
- Pengantar Teknologi Informasi
- Prak Analisa & Perancangan Sistem
- Riset Operasional
- Seminar Hasil TA
- Sistem Informasi
- Statistik Deskriptif
- Statistika Probabilistik
- Tugas Akhir


Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)
- Algoritma & Pemrograman (Teori & Praktek)
- Algoritma Lanjut (Teori & Praktek)
- Aplikasi Intelegensi Buatan
- Artificial Intelegence
- C++ Programming for Game Developer 1 & 2
- Client Server Soft. Proyek
- Computer Security
- Data Warehouse/Datamining
- Embeded System Programming
- Executive Information System
- Fuzzy Logic
- Information Economics
- Interaksi Manusia Komputer
- Jaringan Komputer (Teori & Praktek)
- Jaringan Komputer Lanjut
- Komputer Grafis
- Metode Numerik (Teori & Praktek)
- Neural Network
- N-Tier Software Proyek
- Organisasi dan Arsitektur Komputer
- Pemograman Berbasis Web (Teori & Praktek)
- Pemrograman Berorient Obyek (Teori & Praktek)
- Pemrograman Java (Teori & Praktek)
- Pemrograman Visual (Teori & Praktek)
- Peranc. Sist Berbasis Obyek (Teori & Praktek)
- Rekayasa Software
- Sistem Basis Data (Teori & Praktek)
- Sistem Basis Data Lanjut
- Sistem Operasi (Teori & Praktek)
- Sistem Pakar
- Sistem Penunjang Keputusan
- Software Process / CMM
- Software Quality Assurance
- Software Requirement Specification
- Struktur Data
- Terapan Jaringan
- Video Game Consule Design
- Wireless Mobile Computing and Satelite

Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
- HAKI
- Kecakapan Antar Personal
- Manajemen Proyek Perangkat Lunak
- Sistem Informasi Enterprise

Matakuliah Perilaku Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Kewirausahaan





Program Studi Sistem Informasi didirikan untuk menjawab kebutuhan atas sumberdaya manusia yang terampil di bidang sistem informasi sesuai dengan pergeseran yang terjadi pada dunia usaha. Lingkup studi Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi. Program studi Sistem Informasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Program Studi Sistem Informasi Universitas Esa Unggul menyiapkan para mahasiswa dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang akan membuat mereka siap memasuki dunia kerja. Sistem Informasi UIEU memiliki sarana laboratorium komputer yang dirancang dan didesain berbasis jaringan internet, sehingga memudahkan para mahasiswa mengakses informasi mutakhir tentang teknologi komputer dan informasi melalui media internet. Bekal materi-materi perkuliahan yang mencakup aspek teori dan praktek, serta didukung laboratorium yang memadai, pembuatan tugas-tugas proyek, kerja praktek di suatu perusahaan, instansi atau dunia industri lainnya, serta berbagai tugas-tugas dari para dosen, diharapkan dapat memberikan bekal bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

Pilihan Bidang Peminatan
- Corporate Information System
- E-Business
- Information Management
- Komputer Akuntansi


Kurikulum dan Pilihan Bidang Peminatan:

Program Studi Sistem Informasi menawarkan 5 bidang peminatan :
1. Corporate Information System
Digital Library, Customer Relation Management, Management Support System, Perancangan Strategi Sistem Informasi, Enterprise Resource Plan.

2. E-Business

Teknologi dan Infrastruktur e-Business, Konsep e-Business, Analisis dan Perancangan e-Business, Corportate Portal, Pemrograman Berbasis Web Lanjut.

3. Information Management
Data Modeling, Data Warehouse/Data Mining, Sistem Basis Data Lanjut, Object Oriented Database, Distributed Database.

4. Komputerisasi Akuntansi

Audit Sistem Informasi, Akuntansi Biaya Lanjut, Akuntansi Lanjut, Manajemen Keuangan, Akuntansi Biaya.


Kurikulum / Mata Kuliah
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKP)
Bahasa Indonesia
Business English
Kewirausahaan
Motivasi Usaha
Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Toefl 1 & 2


Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
Akuntansi Dasar
Algoritma dan Pemrograman (Teori & Praktek)
Aljabar Linier Dan Matriks
Bahasa Indonesia
Corporate Information Portal
Interaksi Manusia Dan Komputer
Jaringan Komputer (Teori & Praktek)
Komputer dan Masyarakat
Manajemen Proyek
Pemrograman Berbasi Web (Teori & Praktek)
Pemrograman Berorientasi Objek (Teori & Praktek)
Pemrograman Visual (Teori & Praktek)
Pengantar Manajemen
Pengantar Teknologi Informasi
Perancangan Basis Data (Teori & Praktek)
Perancangan Sistem Berorientasi Objek (Teori & Praktek)
Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem Basis Data
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Operasi (Teori & Praktek)
Statistika Deskriptif
Statistika Probabilitas
Struktur Data (Teori & Praktek)

Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Akuntansi Biaya
Akuntansi Biaya Lanjut
Akuntansi Lanjut
Analisis dan Perancangan E-Business
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (Teori & Praktek)
Analisis dan Proses Bisnis
Audit Sistem Informasi
Corporate Portal
Customer Relation Management
Data Modelling
Data Warehouse
Digital Library
Distributed Database
Enterprise Resource Plan
Informasi dan Proses Bisnis
Konsep E-Business
Konsep Sistem Informasi
Management Support System
Manajemen Keuangan
Manajemen Pengetahuan
Manajemen Perubahan
Manajemen Resiko
Manajemen Sains
Object Oriented Database
Pemrograman 4th GL (Teori & Praktek)
Pemrograman Berbasis Web Lanjut
Perancangan Strategi Sistem Informasi
Sistem Basis Data Lanjut
Teknologi dan Infrastruktur E-Business
Terapan Sistem Informasi Bisnis
Testing dan Implementasi Sistem Informasi

Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
Hak Kepemilikan Intelektual
Kapita Selekta Sistem Informasi
Kerja Praktek
Metode Penelitian
Seminar Hasil Tugas Akhir
Tugas Akhir

Matakuliah Perilaku Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

Etika Profesi
Kewirausahaan